2016-03-30

Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional




Batuk Pilek adalah penyakit yang biasa dan sangat umum menimpa kita, baik itu orang dewasa, remaja ataupun anak-anak kecil.

Pada umumnya, sakit  batuk pilek ini juga disertai juga dengan masuk angin serta nyeri pada beberapa bagian tubuh tertentu, dan tentunya aktifitas sehari-hari juga ikut terganggu, apalagi jika anak-anak kecil yang terserang sakit batuk pilek, tentunya mereka akan rewel seharian.  Dalam hal ini, mengobati batuk pilek bagi anak balita tidak sama dengan anak yang sudah tumbuh besar, remaja maupun dewasa, karena perlu kehati-hatian tersendiri.

Dan lebih susahnya, kebanyakan anak-anak rutin dan sangat sering terkena penyakit batuk pilek . Untuk itu, kebanyakan orang tua menggunakan obat-obat tradisional sebagai alternatif pengobatan yang aman bagi batuk pilek pada anak.
Untuk mendapatkan dan membuat ramuannya juga sangat mudah, serta bahan-bahannya banyak tersedia disekitar kita dan sering digunakan untuk keperluan sehari-hari, sedangkan bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan untuk bayi umumnya tidak bisa langsung menyembuhkan penyakitnya, tetapi sebatas hanya menghilangkan atau mengurangi gejala-gejala batuk pilek saja. 

Berikut ini beberapa cara mengobati Batuk Pilek pada anak-anak dengan bahan-bahan alami, yang insyaallah lebih aman dan lebih kecil resikonya untuk digunakan pada anak-anak.


Kunyit
Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional
Kunyit

Kunyit tidak hanya bisa digunakan oleh orang dewasa,tetapi kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita. Caranya sangat mudah, bagi Anda yang memiliki bayi atau balita yang masih menyusu, oleskan bubuk kunyit ke puting payudara sang ibu sebelum si bayi menyusui, atau bisa  juga dengan cara lain yaitu  mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu dan berikan ramuan susu + kunyit tersebut kepada anak yang sakit batuk  dua kali sehari. Kunyit mampu mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan bayi.



Jeruk Nipis plus Madu
Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional
Madu+Jeruk Nipis


Ramuan ini diperuntukkan anak balita yang berusia diatas satu tahun, campuran madu dan jeruk nipis ditambah dengan air hangat ini insyaallah bisa mengurangi gatal pada tenggorokan dan  merangsang keluarnya air liur yang dapat membantu meredakan batuk pada bayi. Untuk anak bayi usia 1 hingga 5 tahun takarannya adalah setengah sdt madu dengan sedikit jeruk nipis campurkan pada air hangat. Sebaiknya diusahakan supaya bayi meminum ramuan tersebut saat sebelum tidur. Ramuan ini dapat diminum beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

   
Minyak Tradisional
Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional
Minyak Telon+Minyak Kayu Putih

Ramuan tradisional lainnya yang bisa mengatasi batuk pada bayi adalah minyak tradisional yang sering digunakan untuk meminyaki anak-anak supaya hangat seperti minyak kayu putih, minyak telon, minyak peppermint ataupun minyak rosemary, selama ini  bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan juga balita, tetapi tidak dengan cara dikonsumsi seperti  ramuan yang lain, dan cara ini juga  cukup efektif membantu mengatasi batuk pada bayi usia 5 bulan, 1 tahun atau lebih. Jangan oleskan minyak tradisional ini dekat wajah bayi Anda, karena anak bayi masih sangat sensitif. cukupdioleskan dan digosok dengan lembut pada bagian dada. 

Bunga Belimbing Wuluh
Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional
Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh adalah bahan untuk sayuran yang rasanya sangat asam. Berbentuk hampir sama seperti ketimun tapi berukuran lebih kecil dan kulitnya tidak sekeras ketimun. Sampai saat ini, kita masih bisa menemukan dengan mudah di pekarangan-pekarangan rumah ataupun pinggir jalan kampung.

Bahan yang diperlukan untuk pengobatan ini adalah 1 genggam bunga belimbing wuluh, 1 siung bawang merah, sedikit buah pala, 1 sendok makan gula batu, 1/2 gelas air matang. Potong bawang merah menjadi 4 bagian dan hancurkan buah pala menjadi bagian kecil-kecil kemudian masukkan semua bahan tersebut kedalam mangkok dan ditim selama satu jam. Setelah itu saring airnya dan tunggu hingga agak dingin baru kemudian minumkan pada anak. Dosisnya 3-4 kali sehari satu sendok makan setiap kali minum. Tetapi ramuan ini tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

Kencur
Batuk Pilek Pada Anak dan Bayi Serta Pengobatan Dengan Cara Tradisional
Kencur


Salah satu bumbu dapur selain kunyit yang bisa dijadikan sebagai obat batuk pilek untuk anak-anak adalah Kencur, caranya yaitu ambil sebanyak sekitar 5 gram kencur, cuci dan bersihkan dan kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni. Berikan pada anak sebanyak 2-3 kali sehari. Ramuan ini tidak disarankan untuk anak dibawah usia satu tahun.


Tetapi ada saatnya kita harus segera membawa anak kita ke dokter untuk ditangani lebih lanjut, jika ada gejala-gejala atau tanda-tanda yang patut untuk diwaspadai, misalnya yaitu :

  -  Bayi terlihat sangat lemas dan tidak merespon panggilan atau ajakan untuk bermain
  -  Bayi menjadi diam tidak seaktif biasanya
  -  Bayi menjadi sangat rewel, dan tidak dapat ditenangkan dengan cara biasanya ( digendong, dipeluk dan sebagainya )
  -  Bayi mengisyaratkan kalau terasa sakit di dada, sesak atau sulit bernafas
  -  Bayi tidak bisa menikmati saat sedang menyusu,  sering berhenti ketika menyusu karena sesak nafas
  -  Bayi mengeluarkan suara mengi
  -  Bayi mengalami demam melebihi 38˚C
  -  Bayi mengalami demam dengan suhu berapapun yang berkepanjangan melebihi 3 hari
  -  Bayi batuk disertai dahak yang berdarah

Jika ada salah satu atau lebih dari tanda-tanda tersebut diatas, jangan ditunda lagi untuk segera membawa bayi anda ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

Sumber : en.wikipedia.org dan berbagai sumber lainnya





No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...